22 Jul, 2024

Demo 1 konten AAA

Demo 1 konten AAA
2 mins read

Cara mengolah daging sapi supaya tidak alot memang penting diketahui. Apalagi saat Idul Adha, sapi menjadi salah satu hewan yang sering dikurbankan. Tidak heran sajian daging sapi saat Idul Adha pun melimpah.
Tapi, bagi beberapa orang mengolah daging sapi gampang-gampang susah. Apalagi jika salah, daging sapi bisa berakhir keras atau alot ketika dikunyah.

Agar daging sapi tidak alot, berikut tips mengolahnya agar jadi empuk ketika disantap:

Tips Olah Daging Sapi Agar Tak Alot
1. Pakai daun pepaya
Cara ini bisa dibilang merupakan cara tradisional untuk mengolah daging sapi. Tapi cara ini juga masih banyak dilakukan oleh sejumlah orang, misalnya tukang sate.

Cara Mengolah Daging Kambing supaya Tidak Bau
Pepaya memang memiliki kelebihan berupa enzim papain uang bisa memecah protein dalam daging. Membuat daging menjadi lebih lembut atau tidak alot.

ADADADADADAD
Anda cukup membungkus daging dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Makin lama daging disimpan, maka daging akan semakin empuk.

2. Masak dengan api rendah dan lambat
Sapi juga bisa dimasak untuk sate, mungkin saat Idul Adha nanti Anda ingin membuat sate maranggi yang bahan utamanya memang daging sapi.

Agar sate maranggi buatan Anda empuk ketika digigit, cobalah dibakar dengan api sedang dan masak secara perlahan. MelansirTaste of Home, saat dibakar atau direbus dalam suhu yang lambat, kolagen pada sapi akan terurai membuat serat-serat pada otot terpisah.

Daging pun bisa jadi lebih lembut ketika digigit.

Santan Pecah Bikin Rasa Jadi Hambar, Ini Tips Masak Kuah Bersantan
3. Iris berlawan dengan serat
Semua daging memiliki serat otot yang cukup panjang. Biasanya menjalar ke semua bagian daging.

Jika Anda memotong sejajar dengan serat otot, maka daging akan lebih alot. Sebaiknya, potong berlawanan. Agar serat otot mudah terlepas.

4. Lumuri dengan jus nanas
Cara lain yang mirip dengan penggunaan daun pepaya adalah jus nanas. Nanas juga mengandung enzim alami yang bisa membuat daging lebih empuk.

Melansir berbagai sumber, Anda bisa menghaluskan nanas, lumuri ke seluruh bagian daging. Diamkan selama 30 menit, jangan terlalu lama agar daging tidak mudah hancur saat dimasak.

7 Tips Diet agar Berat Badan Turun 20 Kg, Kurangi Konsumsi Karbohidrat
5. Diamkan daging di suhu ruang
Daging kurban yang hendak diolah sebaiknya jangan dalam keadaan beku, Biarkan dahulu di suhu ruang agar suhunya bisa stabil. Anda bisa menunggu daging sambil membuat aneka bumbu untuk memasak.

Itulah lima cara praktis mengolah daging sapi supaya tidak alot. Daging kurban pun bisa diolah tanpa takut mengigitnya jadi keras.